GAS (pesan singkat di hari ulang tahun)
Tanggal 18 mei 2008, bertepatan hari minggu Gamalama Art Scooter genap berusia satu tahun. Walaupun baru setahun berjalan tapi kayaknya udah lama bangat ya?!, ini kalau dilihat dari pas waktu mampir ke sekretariat GAS yang berada di jalan Soa sio depan Mesjid Sultan Ternate. Tanpa sengaja ketika membuka komputer milik pak ketua (Alwi) dan melihat-lihat photo yang ada dalam drive D (MUTHAM) yang mana folder-folder tentang GAS, ada dari mulai berikrar pembentukan GAS di Bastiong (rumah bro Rasta), touring perdana bersama pak Syamsudin (ketua terpilih saat itu), ke tidore (mutham tour 2007), buka puasa bersama, tour wisata 2007 ternate – kao, tobelo – galela, kegiatan sosial (donor darah), acara hajatan keluarga yang meninggal, wisuda, pernikahan dan kawan-kawannya. Walaupun muka-muka lama banyak yang sudah nggak kelihatan sekarang di komunitas GAS, tetapi kenangan itu takkan terlupakan. Ini terbukti dengan makin bertambahnya anggota GAS yang baru tetapi hubungan antar sesama anggota tetap terjalin. Apalagi kalo lagi ngumpul di sebuah hajatan, kisah-kisah lama seakan mempererat kembali tali persaudaraan itu. Belum lagi kalau ada kunjungan brother kita dari luar kota. Ini akan menjadi ajang tukar informasi dan sekaligus pernyataan dukungan dari club vespa/ scooter mereka. Ini biasanya saling tukar cindera mata, stiker, kaos vespa, asesoris atau ngobrolin apa saja tentang vespa dan lika likunya. Yang paling menarik dari semua di atas adalah ternyata scooter itu bisa membuat kita serasa seperti saudara. Dan seiring bertambahnya usia GAS tak lupa selain merayakan ulang tahun GAS juga ikut peduli berbagi dengan sesama (mereka yang hidup disekitar kita), adapun kegiatan sosial yang di lakukan adalah mengunjungi sebuah panti asuhan yang berada di kawasan mangga dua, tak lupa anak-anak GAS juga memberi sumbangan berupa sembilan bahan pokok (beras, gula, mi instan dll), sebelumnya rencana inti adalah melaksanakan kegiatan Khitanan Massal, tetapi karena persoalan teknis dan mepetnya waktu, maka acara ini dipending dulu kata bang Edoward, lagian menurut bang Edo Anak-anak GAS semua khan sudah di sunat (he-hee--), Selain sebagai koordinator pada acara ulang tahun GAS bang Edo sekarang juga menjabat sebagai Sekretarisnya GAS lho. Setelah acara kunjungan ke panti asuhan, rombongan kembali ke sekretariat di Soa sio. Ada juga yang menuju ke bengkel aba’abil (biasa.. cek kekuatan motor), maklum setelah itu pada pukul 14.00 GAS di undang pak Walikota untuk berpartisipasi dalam acara 100 tahun Harkitnas dengan tema ”Deru knalpot Merah Putih”. Acara ini di ikuti oleh klub hobi roda dua yang di bawah komando Pengda IMI Maluku Utara. Setelah konvoi keliling kota ternate (star dari Dispora Kota dan finis di Kantor Walikota), dan yang terakhir adalah acara dari GAS untuk kita (Mutham Party) yang berakhir di pantai Sulamadaha alias tempat favorit GAS, me abis so tara tampa laeng mo..
Selamat ulang tahun..
Pertengahan bulan mei setahun silam, saya masih teringat sering kumpul di bengkel aba’abil di jalan siswa, seperti biasa bengkel ini hanya di penuhi beberapa orang yang memperbaiki motornya, ada yang Cuma ganti oli, kampas kopling atau rem sampai perombakan total (cat/ duko) dan lain sebagainya, tiba-tiba dari mana anginnya saya dan beberapa teman yang ada pada saat itu, ada ibang si pemilik bengkel, isko, steve, dan tentu abang muthalib yang pada waktu itu paling rajin isi absen apel sore (maklum polisi) jadi ke bengkel juga selalu wajib lapor he-hee--, entah kapan mulanya, yang saya ingat waktu itu ada vespa PS warna biru agak kusam ditunggangi oleh seorang yang sudah nggak asing lagi di kalangan anak vespa pada saat itu, tiba-tiba dia menyapa kami dengan mengeluarkan undangan, saya pikir undangan makan siang neh, tapi setelah dibaca ternyata undangan itu adalah ajakan konsolidasi para pengendara scooter di kota ternate, wow tentu saja yang ada di aba’abil semua merespon, welcome bro.. kira-kira itu kali yang diucapkan. Saya baru ingat ternyata sebelumnya ide ini kita pernah wacanakan di Jarod, ternyata langsung di relisasikan oleh brother kita ini yang akrab di sapa bang Rasta, meskipun namanya Rasta tapi aid nggak gimbal rambutnya, musiknya pun nggak ada yang reage hahaa--, ternyata ajakan rasta ini di sambut luar biasa para scooteris di kota ternate, ini terlihat pada malam hari di teras rumahnya yang menjadi tempat pertemuan penuh sesak sampai-sampai saya dan bro anjas ambil duduk di luar karena nggak kebagian tempat. Maklum tong dua kan biasa selalu terlambat he-hee.. malam itu saya rasakan semangat dari scooteris kota ternate sangat hareudang (istilah SOG bandung), dan betul saja ternyata cita-cita kami membentuk wadah organisasi scooter di kota ternate dapat terwujud, yes our dream come true bro.. nggak tau dari mana idenya nama yang di ambil adalah gamalama art scooter, sebelumnya nama ini sudah di lempar ke quorum dari beberapa nama yang di nominasikan, setelah debat panjang dan saling argumen dari masing-masing anggota rapat maka nama gamalama art scooter yang jadi favorit dan dinobatkan hehee... kenapa gamalama art scooter, ini lebih jelasnya tanyakan langsung sama dokter ibang, karena aid yang punya hak patennya, mungkin menurut sang dokter para pengusung club ini sebagian besar adalah seniman (art) dan gamalama adalah nama gunung yang di agungkan di kota ternate, betul ka tarada dok?, ternyata momen ini yang paling dikenang oleh anggota GAS saat ini karena dari sinilah kita semua bersaudara, saling memberi dan berbagi dalam suka dan duka, selamat ulang tahun GAS, semoga panjang umur dan MUTHAM selalu..
100 Tahun HARKITNAS
cewek dan vespa
Busi Mati
Jangan kuatir jika hanya busi yang bermasalah. Slamet punya trik buat membangkitkan pemantik api tadi. yakni, pecahkan keramik pembungkus elektrode. Caranya, bisa di cungkil pakai obeng atau dijepit tang. lalu bagian keramik yang dipecahkan tadi dipanaskan. Boleh menggunakan korek api dan pasang lagi ke kepala silinder. Coba, hidupkan lagi mesin motor.
www.vespa-indonesia.com
Perseneling Vespa Berat
“Padahal bisa dibikin enteng dengan memotong per persnelingnya,” buka Sutrisno, penggawang Jawa Motor di Rawa Belong, Jakbar. Komponen ini bertugas sebagai penahan piringan pemindah gigi. Caranya gampang dan bisa dilakukan sendiri. Yuk, ikuti langkahnya.
Awali membuka tutup bak persneling yang terletak persis di bawah kipas. Supaya lebih leluasa, copot juga tutup kipasnya. Kemudian tarik per keluar pakai tang jepit, atau cungkil pakai obeng minus. Hati-hati saat mencungkil untuk menghindari pegas lompat.
Lanjutkan memotong per menggunakan tang potong. Lalu tarik lagi supaya panjangnya sama dengan semula. Karena ulirnya berkurang, per lebih lembut. Gerakan persneling pun jadi lebih enteng.
Jangan terlalu banyak memotongnya. “Cukup dua ulir,” kata pria asal solo ini. Memotong lebih dari itu bakal terlalu empuk. Hal ini berbahaya karena persneling jadi terlalu sensitif dan gigi bisa pindah sendiri.
www.vespa-indonesia.com
CONTACT FOR SCOOTER
hi brothers..
nice to see again
tulisan ini di buat hanya bertujuan membuka pintu kepada rekan-rekan scoters/ bikers agar dapat bertukar info dan ajang silaturahmi tanpa maksud komersil :)
IWAN IVI DKI JAKARTA
081382615599, 0817845023
iwanvespa@yahoo.co.id atau iwanivi@gmail.com
Bravo VESPAMANIA
BULAN OWNERS SCOOTER (BOS) MEDAN
e-mail : bulan_owners_scooter@yahoo.co.id
Contact Person : Ocy [181/00596/IVI]
Mobile Phone : +6261- 77401976
Sekretariat : Jalan Djamin Ginting 896 A Medan 20156 Sumatera Utara
I n d o n e s i a
nanto_sl@yahoo.com
SFC ( Scooter Fan's Club ) Cijantung
Sekretariat ;Jalan Raya Gongseng no 16 , Cijantung ,Jakarta Timur
W.Budi.S "pakguru"
Pengurus Scooter Club Depok
Anggota IVI No.107
Email: budi_mayo@yahoo.co.id
Babon VTC 007
Vespa Touring Club Cimahi - Jabar
bond_vtc@yahoo.com
vtc_cimahi@yahoo.com
http://vtccmi.multiply.com
http://www.friendster.com/bondscuger[/quote]
hallo bang Bond . . . kapan ada rencana Touring lagi
CLUB SCOOTER DAN VESPA DI MAKASSAR & PALU
MAKASSAR
NO NAMA CLUB JENIS
1 ANDI CAMMI SCOOTER CLUB SCOOTER
2 ANSWER ( LUWU ) SCOOTER
3 ARUNG PALLAKA SCOOTER SCOOTER
4 BARRU ALTERNATIF SCOOTER CLUB SCOOTER
5 BARRU SCOOTER FAMILY SCOOTER
6 BHARUDAK GEMBEL INDEPENDENT SCOOTER SCOOTER
7 BLACK HORSE SCOOTER CLUB SCOOTER
8 BONTAING BUTTA TOA SCOOTER SCOOTER
9 BOST ( BHONTANK SCOOTER TEAM ) SCOOTER
10 BROTHER SCOOTER SCOOTER
11 BULUKUMBA SCOOTER CLUB SCOOTER
12 BUNGORO VESPA CLUB VESPA
13 BUTTERFLY SCOOTER CLUB SCOOTER
14 GOWA SCOOTER CLUB SCOOTER
15 KOTA KALONG SCOOTER CLUB SCOOTER
16 LASINRANG SCOOTER CLUB SCOOTER
17 LOSARI PX CLUB GOWA SCOOTER
18 LOSARI VESPA CLUB VESPA
19 MAKASSAR ART SCOOTER SCOOTER
20 MAKASSAR INDIPENDENT SCOOTER SCOOTER
21 MAKASSAR SCOOTER CLUB SCOOTER
22 MAKASSAR VESPA CLUB VESPA
23 MAKASSAR VESPA CLUB 777 VESPA
24 OLD CLASSIC SCOOTER MAKASSAR SCOOTER
25 PANGKEP SCOOTER CLUB SCOOTER
26 PIAGGIO ADVENTURE FAMILY VESPA
27 PINRANG INDEPENDENT SCOOTER SCOOTER
28 SAWITO SCOOTER CLUB SCOOTER
29 SCOOTER ADVENTURE TEAM ( SCAT ) SCOOTER
30 SCOOTER CLASIC FAMILY ( SKF ) SCOOTER
31 SCOOTER COMMUNITY OF SAWERI GADING SCOOTER
32 SCOOTER MERAH PUTIH SCOOTER
33 SCOOTER OTOMOTIF CLUB TAKALAR SCOOTER
34 SCOOTER OWNERS GROUP MAKASSAR SCOOTER
35 SEGERI MANIAC SCOOTER ( SMS ) SCOOTER
36 SINJAI VESPA CLUB ( SVC ) 898 VESPA
37 TANETE SCOOTER CLUB SCOOTER
38 VESPA INDEPENDENT PANGKEP VESPA
39 VESPA MAKASSAR CLUB VESPA
40 VESPA OTOMOTIF CELEBES VESPA
41 VESPA OTOMOTIF CLUB VESPA
CLUB PALU
NO. NAMA CLUB JENIS
1 B.A.S.I.C SCOOTER
2 BUMI SARANA UTAMA CLUB SCOOTER
3 EBONY SCOOTER CLUB SCOOTER
4 PALOLO SCOOTER CLUB SCOOTER
5 PALU INDEPENDENT SCOOTER
6. SOLIDARITY SCOOTER
7 PALU VESPA CLUB SCOOTER
8 PARIGI SCOOTER CLUB SCOOTER
9 TADULAKO MOTOR CLUB SCOOTER
10 TORAJA INDEPENDENT SCOOTER
11 COMMUNITY SCOOTER
Scooter/Vespa Club yang ingin kontak dengan kami silahkan email ke : vinic_united@yahoo.com atau contact person 08124470060
Kirim biodata club dan alamat jelas (email/ contact person) we wait 4 you all brothers!!
Visi dan Misi Gamalama Art Scooter (GAS)
Gamalama Art Scooter (GAS) sejak eksis (established in the middle of may 2007) mempunyai harapan dan cita-cita sebagai klub otomotif yang professional dan handal juga sebagai klub teladan bagi klub otomotif lainnya di kota Ternate dan masyarakat Maluku Utara pada umumnya.
Dengan adanya wadah bagi komunitas pengendara scooter di kota Ternate, maka Gamalama Art Scooter (GAS) mempunyai satu visi dan satu misi yaitu menjadikan GAS sebagai klub otomotif di kota Ternate, sebagai barometer dari klub-klub scooters/bikers lainnya di lingkup Maluku Utara serta menjadikan sebuah komunitas sosial masyarakat sehingga dapat menjalin erat hubungan kekeluargaan dan solidaritas sesamanya. Harapan lainnya adalah menjadikan GAS sebagai mediator penyaluran hobi, pembauran scooterist/ bikers dengan tidak membedakan Suku, Adat, Warna kulit, Agama dan RAS.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka GAS sebagai komunitas sosial diharapkan dapat membantu serta berpartisipasi dan berperan aktif dalam mendukung program pemerintah di semua bidang baik di bidang sosial, pariwisata, dan bidang lainnya.
Sehingga dengan terjalinnya kerjasama dengan semua pihak, GAS dapat menjadi mitra yang mampu bekerjasama dengan baik dan saling menguntungkan serta saling menghargai di dalam melaksanakan kewajibannya sebagai generasi penerus bangsa untuk meneruskan cita-cita para pejuang bangsa guna menjadikan bangsa yang mandiri, makmur, saling menghargai, bertanggung jawab dan maju. Selain itu pula GAS diharapkan dapat menjadi DUTA WISATA daerah bagi Provinsi Maluku Utara serta sebagai media pemersatu para penggemar otomotif khususnya para penggemar kendaraan berjenis scooter sesuai dengan motonya :
"Kenali Negerimu dan Cintailah Negerimu"
Viva Gamalama Art Scooter
...Scooters, ...Brothers, ...Forever!!!
(edited by: vinic number 7)
Tips pada saat Hujan (Banjir)
Teman2, berikut trik agar Vespa kita tidak mogok saat melintasi
genangan air (banjir) diwaktu hujan :
1. Lihat dulu ketinggian genangan, jika ketinggian genangan air mencapai kipas (rotor) vespa jangan paksakan untuk menerjangnya, terutama untuk vespa yang tidak ada tutup (seal) pada kipasnya (rotor). Karena air bisa masuk kedalam dan mengenai platina.
2. Jika terpaksa harus melibas genangan air, jalankanlah vespa dgn kecepatan yang sangat rendah (pelan2). Tujuannya adalah agar air tidak muncrat keatas dan mengenai busi.
3. Carilah jalan alternatif. Namun jika sangat terpaksa dan tidak ada jalan lain, serta genangan air tinggi (sampai menutupi mesin) jangan hidupkan mesin vespa dan tuntunlah vespa anda sampai melewati genangan air tersebut. Kemudiaan periksa busi dan keringkan jika ternyata basah karena air.
4. Ingat, rem tromol vespa anda akan nyosor setelah kerendam air. Jadi jalankan vespa pelan2 dengan menginjak pedal rem sampai rem terasa tidak nyosor lagi.
www.vespa-indonesia.com
Bengkel aba'abil di jalan Siswa
Mei 1, 2008 by gas ternate
HATI2 PEN PISTON COPOT !
Kalo pen piston sampai copot, sudah bisa dipastikan blok silinder akan tergores dan piston jadi macet seketika. Kalo udah gitu maka blok silinder harus dikolter lagi alias ganti seher baru. Untuk menghindari copotnya PEN PISTON tersebut perlu diwaspadai hal2 sebagai berikut :
1. Kalo abis melepas atau bongkar Piston / Seher pastikan pemasangan Pen Piston harus benar-benar pada posisi gotnya.
2. Usahakan setiap ganti Piston / Seher ganti juga Pennya.
KOPLING NYOSOR !
Kopling diteken tapi motor masih nyelonong ? Padahal tali kopling udah ditarik / dikencengin. Nach kalo begitu pasti STUT (GOBANGAN) nya udah kena alias aus dan mesti diganti.
BUSI HITAM & CEPET MATI ?
1. Suplay bensin terlalu banyak sehingga bensin tidak terbakar seluruhnya dan meninggalkan kerak pada busi. Untuk mengatasinya bisa mengganti ukuran spuyer bensin ke ukuran yang lebih kecil.
2. Stelan angin terlalu kaya
3. Oli campur terlalu banyak
KNALPOT !
Salah satu pendukung Vespa bisa enteng tarikannya adalah knalpot tidak tersumbat sehingga pembuangan bisa lancar. Untuk itu jika vespa terasa tarikannya mulai berat coba dech bongkar knalpotnya dan dibersihkan dalemnya. Mudah2an bisa ngacir lagi.....
PLATINA BERGESER (tasorong)
Ngoni pasti lebe tau sapa dia pe ahli... hahahhaaa...!!
Bila rekan2 Scooterist ada yang ingin bertanya masalah Teknik Vespa, bisa menghubungi GAS lewat email : vinic_united@yahoo.com atau ibang d mekanixxx 0852 5695 9636 mudah2an bisa dibantu
Scooter.. brother.. forever..!!
60 Tahun lebih sudah Indonesia Merdeka, tetapi kemerdekaan itu masih teramat jauh dirasakan oleh kalangan biker di tanah air, kemerdekaan dari rasa persaudaraan, kemerdekaan dari rasa peduli terhadap sesama.
Brotherhood! Sebuah kata yang penuh arti bagi kalangan biker Indonesia. Hampir seluruh lapisan klub atau komunitas motor di Indonesia memahami arti dari Brotherhood.
Dalam pengertiannya, Brother adalah saudara pria yang lahir dari Ibu yang sama atau sekandung. Dan apabila dikaitkan dengan slogan Bahasa Inggris. Brotherhood mengartikan persaudaraan pada keseharian kita.
Bagaimana seharusnya kita dapat bersikap dan memperlakukan setiap individu baik itu pria atau wanita, khalayaknya kita memperlakukan individu-individu tersebut sama seperti saudara tanpa membedakan status, suku dan agama. Karena bagaimanapun manusia adalah mahluk sosial yang saling hidup berdampingan dan saling bergantung satu dengan yang lain.
Brotherhood tidak memandang jenis dan keadaan seseorang, tetapi lebih mementingkan hak dari seseorang, seperti kejadian yang dialami oleh saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam.
Sampai saat ini makna Brotherhood masih teramat jauh dari arti yang sesungguhnya. Sehingga Brotherhood terkadang menimbulkan citra ekslusif antara klub atau komunitas. Perbedaan-perbedaan prinsiplah yang menjadikan jarak pemisah persaudaraan didalam suatu klub atau komunitas.
Inti dari Brotherhood itu adalah persaudaraan sejati.
Persaudaraan yang tanpa mengenal batas antara klub atau komunitas.
Brotherhood dapat dijadikan symbol kekuatan pemersatu biker di Indonesia. Seperti para pejuang kemerdekaan yang berjuang mempertahankan tanah air tercinta. Brotherhood adalah spirit atau semangat biker Indonesia untuk terus maju dan berkembang sampai sekarang ini. Terbukti dengan semakin banyaknya bermunculan klub atau komunitas motor baru di Indonesia.
Sangat disayangkan jika rasa persaudaraan dinodai hanya karena ego dan kepentingan semata. Sungguh berat memahami arti sesungguhnya Brotherhood. Yang terpenting adalah Brotherhood dapat dirasakan dan dimulai didalam diri kita masing-masing, kemana arah tujuan dan pencapaian arti Brotherhood yang sesungguhnya.
Sesungguhnya persaudaraan itu sangatlah indah. Bersama GAS persaudaraan serasa tanpa batas!
Merdeka !!!
penulis : aciel
di edit oleh : vinic united no.7
Legenda Vespa
Lalu, karena bentuknya yang khas itulah, Vespa muncul sebagai salah satu motor terpopuler dan bahkan melegenda di dunia. Popularitas Vespa mulai mengila sejak pertengahan tahun 1950-an. Padahal, saat itu usia produk motor beroda kecil ini belum lebih sepuluh tahun. Piaggio, produsen motor ini, mengumumkan telah mampu meperdagangkan lebih dari 15 juta unit motor pada 1956 ke seluruh pelosok dunia.
Paling menarik, sejumlah nama artis beken internasional saat itu sangat akrab dengan nama Vespa. Mereka antara lain adalah John Wayne, Henry Fonda, dan Jean Paul Belmondo. Termasuk juga Ursula Andress yang malahan pernah menjadi bintang iklannya
Lebih seabad silam, tepatnya 1884, Enrico Piaggio pengusaha muda berdarah Italia-- memulai usahanya di bidang pesawat terbang. Dua puluh tahun kemudian, usahanya itu bangkrut. Dasar bersemangat baja dalam dunia bisnis, Piaggio pantang menyerah. Lalu, dimulailah merancang industri alat transportasi dengan alternatif kendaraan niaga ringan.
Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Hasilnya, munculah pertama kali produk motor dengan seri P108. Kendaraan ini berteknologi sederhana tapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah) karena bentuk kerangkanya. Akibat tampilannya itu, motor ini lebih sering dinyatakan sebagai Wespe atau Vespa, yang artinya memang binatang penyengat.
Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha 'kaki lima' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin ahli teknik konstruksi terkenal di Italia kala itu, Corradino d'Ascanio.
Karenanya hak paten pun segera dapat mereka kantongi. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Perancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brasilia, dan India --selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa. Tapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960an.
Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan 'revolusi' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.
Produk 150 GS --kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an-- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat dan sekel.
Perkembangan selanjutnya Vespa diarahkan pada bentuk sportif yang nampak pada produknya di tahun 1951. Dan produk tersebut sempat mendapat mendali emas untuk kategori motor Sportif di Eropa. Dan aktualisasi sportif-nya terbukti dengan pecahnya rekor kecepatan 171 km/jam untuk kendaraan Vespa bermesin 125 cc. Dan sejak itulah para Vespamania terlihat sering berkonvoi keluar kota secara berombongan.
Khusus untuk Lambretta, sebenarnya diproduksi lebih tua dari Vespa, tapi sempat terhenti produksinya. Tatkala Vespa berproduksi, Lambretta pun keluar lagi. Hanya saja, posisi mesinnya berbeda dengan Vespa. Vespa bermesin disamping, sedangkan Lambretta ada di tengah. Untuk yang buatan Jerman, jenis scooter-nya bernama NSU Prima. Selain itu, DKW juga memproduksi jenis scooter-nya pula. Ternyata, Jepang pun tak ingin ketinggalan dalam memproduksi motor jenis scooter ini. Di tahun 1960-an, Jepang mengeluarkan jenis scooter Rabit-nya.
Selain Vespa, di Italia ada beberapa produsen motor yang memproduksi jenis scooter ini. Di masa sekarang, bahkan mereka menghasilkan scooter berkecepatan tinggi. Contohnya jenis scooter yang di Italia dikenal Velocivero pabrikan Italjet. Konon, scooter inilah tergolong jenis tercepat di dunia. Kecepatannya melebihi 180 kilometer per jam. Di Indonesia, ada pula jenis seperti ini dipasarkan oleh Aprilia dengan nama Italjet Dragster. Selain itu, Cagivapun kini menelurkan jenis scooter-nya yang dinamakan Cagiva Cucciolo.
Belakangan, sejumlah pabrikan motor kembali membanjiri pasar dengan kendaraan berkapasitas mesin kecil dan cukup laku terserap pasar. Tapi cobalah perhatikan, bentuknya ternyata banyak yang terinspirasi oleh kegenitan atau bahkan keseksian Vespa. Dan kini pun Vespa harus kembali melakukan terobosan, bila ingin kembali populer di tengah pesaingnya.
Sejarah Vespa
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah
Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.
Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.
Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris.
Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda dua jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan tetapi yang hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul oleh Lambretta
Sejarah Vespa di Indonesia
Sebenarnya penulis sendiri tidak tahu persis kapan pertama kali Vespa masuk ke Indonesia. Mencoba mencari referensi ke beberapa narasumber pun tidak membuahkan hasil yang konkret. Masing-masing narasumber mempunyai keterangan yang berbeda-beda, akan tetapi mereka mempunyai persamaan persepsi, bahwa “Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.
Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.
Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Bahkan teman saya dari Philipina menyebut bahwa Indonesia adalah surganya Vespa. Sampai saat ini mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.
buku tamu GAS
|
tukeran link ama GAS please...
selayang pandang GAS
Berawal dari sering kumpul bareng di tempat - tempat nongkrong (bengkel abaabil, jarod café, swering) dan tempat mangkal lainnya di kota Ternate, maka timbul gagasan untuk membentuk sebuah perkumpulan/ klub yang berlatar belakang adalah pengendara scooter di kota Ternate. Maka pada pertengahan bulan Mei 2007 terbentuklah komunitas pengendara scooter yang bernaung di bawah nama Gamalama Art Scooter.
Komunitas ini pada mulanya hanya beranggotakan 26 orang yang terdaftar, namun karena seiring dengan perjalanan waktu serta kesibukan masing - masing personilnya, maka yang efektif dalam komunitas ini hanya beberapa orang saja. Tetapi dalam setiap kesempatan touring ataupun agenda lain (kegiatan sosial) yang pernah dilakukan sering pula partisan yang ikut meramaikan kegiatan.
Berdasarkan pemahaman di atas maka komunitas Gamalama Art Scooter bukanlah sebuah perkumpulan yang ekslusif tetapi lebih terbuka dan memberi kesempatan bagi siapa saja dengan latar belakang yang berbeda -beda tetapi memiliki kesamaan jiwa dalam hal ini adalah “scooter is brother”.
Kegiatan Gamalama Art Scooter selain touring, yang pernah dilaksanakan adalah “social action” antara lain adalah ; buka puasa bersama klub otomotif lain, kegiatan donor darah, serta interaksi lain dengan sesama klub otomotif baik di kota Ternate (Ternate Tiger Club, Ternate CB Club dan Ternate Ninja Club) maupun di luar kota antara lain Kota Tidore (Tidore Scooter Club) dan Kota Manado ( Kawanua Independent Scooter, Roekoen Scooter Mangoeni serta Scooter Adventure Sulut) yang telah menjalin kerja sama dengan Gamalama Art Scooter.
Adapun touring yang pernah dilaksanakan antara lain adalah ; Tidore Touring serta “Kenali negerimu, cintailah negerimu” dengan rute Ternate - Sidangoli - Kao Tobelo - Galela PP.