vespa congo di tidore

Komunitas vespa dimanapun berada pasti memiliki kebanggaan masing-masing tentang semok yang mereka miliki, baik itu peninggalan orang tua, pemberian kakak atau kerabat, bahkan sampai pada tingkatan berburu (hunting). Yang paling menarik dari vespa ataupun scooter merek/tipe lain adalah tiap generasinya memiliki ciri khas serta keunggulan masing-masing. Baik dari generasi pertama (vespa) pada tahun 1946 yang mana pada tahap rancangan percobaan masih memakai komponen sisa perang dunia II sampai vespa modern (liberty, grand torismo etc). disini saya persempit hanya sebatas vespa mengingat referensinya yang paling akrab di komunitas indonesia. Ada satu hal yang menarik tentang vespa bagi saya adalah persepsi vespa congo atau populer di kalangan scooteris adalah vespa antik dengan ciri kepala bulat khas serta bodi ceper dan mungil. Banyak orang awam beranggapan semua vespa tahun 60-an adalah congo dan yang kepala baji atau kotak pastilah super atau sprint. Ini adalah gambaran di komunitas pengendara scooter di kota ternate dan sekitarnya. Padahal kalau dilihat dari berbagai sumber terpercaya Congo adalah kendaraan (vespa) yang di berikan pada tentara garuda indonesia sebagai hadiah/ penghargaan ketika mereka selesai mengemban tugas perdamaian di negara congo (afrika) sekarang Zaire dari pemerintah pada saat itu. Sampai sekarang keberadaan vespa congo itu masih saja populer malah favorit bagi yang masih memilikinya. Tapi sayang dari semua yang didatangkan langsung dari italy negara asalnya hanya beberapa persen yang tersisa (original) saya belum mendapatkan datanya. Bahkan dari situs di internet saya dapatkan informasi banyak vespa/ scooter antik dari indonesia (jawa dan bali) di beli orang dari australia dan di bawa ke negeri kanguru itu. Ini mungkin juga berpengaruh tentang banyaknya congo yang hilang dari komunitas vespa di indonesia. Dari berbagai pendapat para scooteris di indonesia congo adalah keluaran tahun 1960-an, congo adal yang 3 dan 4 speed, congo ada tiga warna (hijau, kuning dan biru) berplat khusus dengan cetakan congo dan nomor prajurit pada setang (pengganti sakelar), congo di pesan langsung pemerintah dari italy. Ada yang mau nambahin silahkan.. sebelumnya saya mohon maaf kalau artikel ini jauh dari sempurna. Tulisan ini di posting semata-mata hanya mencari keakuratan data tentang vespa congo yang begitu digemari kalangan scooteris di indonesia. Bravo vespa indonesia, scooter numero uno..

1 komentar:

Samuel Jacob mengatakan...

vespa congo diproduksi jerman bukan itali dengan nomor bodi di awali dengan VGL.

sayangnya vespa VGL tidak mampu bersaing dengan produk vespa produksi italy ketika itu, maka VGL akhirnya di ekspor ke negara ketiga salah satunya Congo dimana di negara tersebut pasukan garuda Indonesia bertugas dalam misi perdamain yang kemudian vespa tersebut diberikan oleh pemerintah Congo untuk pasukan garuda.

ngomong-ngomong di maluku masih banyak vespa tua bro? di Jawa dah abis e. hahahaha

welcome brothers.. you're visitor no:

buku tamu GAS

Name :
Web URL :
Message :

vinic_united

:

gas on log

tukeran link ama GAS please...

GAMALAMA ART SCOOTER IS MUTHAM MANIA

selayang pandang GAS

Gamalama Art Scooter Adalah klub hobby di bidang otomotif spesialisasi roda 2 (dua) jenis scooter. Arah organisasi ini lebih kepada sistem satu komando dan menjadikan sebagai komunitas/ wadah pengendara scooter menjadi sebuah keluarga sehingga dapat bersosialisasi serta menumbuhkan rasa setia kawan (Brotherhood) sesama anggota dan sesama Klub hobby sejenisnya. Komunitas yang terbangun nantinya diharapkan agar Gamalama Art Scooter lebih dikenal oleh khalayak ramai khususnya klub otomotif di Lingkup Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya.
Berawal dari sering kumpul bareng di tempat - tempat nongkrong (bengkel abaabil, jarod café, swering) dan tempat mangkal lainnya di kota Ternate, maka timbul gagasan untuk membentuk sebuah perkumpulan/ klub yang berlatar belakang adalah pengendara scooter di kota Ternate. Maka pada pertengahan bulan Mei 2007 terbentuklah komunitas pengendara scooter yang bernaung di bawah nama Gamalama Art Scooter.
Komunitas ini pada mulanya hanya beranggotakan 26 orang yang terdaftar, namun karena seiring dengan perjalanan waktu serta kesibukan masing - masing personilnya, maka yang efektif dalam komunitas ini hanya beberapa orang saja. Tetapi dalam setiap kesempatan touring ataupun agenda lain (kegiatan sosial) yang pernah dilakukan sering pula partisan yang ikut meramaikan kegiatan.
Berdasarkan pemahaman di atas maka komunitas Gamalama Art Scooter bukanlah sebuah perkumpulan yang ekslusif tetapi lebih terbuka dan memberi kesempatan bagi siapa saja dengan latar belakang yang berbeda -beda tetapi memiliki kesamaan jiwa dalam hal ini adalah “scooter is brother”.
Kegiatan Gamalama Art Scooter selain touring, yang pernah dilaksanakan adalah “social action” antara lain adalah ; buka puasa bersama klub otomotif lain, kegiatan donor darah, serta interaksi lain dengan sesama klub otomotif baik di kota Ternate (Ternate Tiger Club, Ternate CB Club dan Ternate Ninja Club) maupun di luar kota antara lain Kota Tidore (Tidore Scooter Club) dan Kota Manado ( Kawanua Independent Scooter, Roekoen Scooter Mangoeni serta Scooter Adventure Sulut) yang telah menjalin kerja sama dengan Gamalama Art Scooter.
Adapun touring yang pernah dilaksanakan antara lain adalah ; Tidore Touring serta “Kenali negerimu, cintailah negerimu” dengan rute Ternate - Sidangoli - Kao Tobelo - Galela PP.

di depan kantor bupati halmahera utara

di depan kantor bupati halmahera utara
touring perdana GAS... sweet memory..

lomba motor lambat

lomba motor lambat
maulana.. peserta dari GAS Ternate...

keliling indonesia naik scooter Hendra Jaya (Mavec Bengkulu)

keliling indonesia naik scooter Hendra Jaya (Mavec Bengkulu)
foto bareng gas dan petinggi Bank Indonesia Ternate

GAMALAMA ART SCOOTER

blog ini di buat dengan maksud agar terjalin silaturahim antara GAS dengan sesama klub hobby lainnya. baik scooter maupun bikers ataupun independent scooter secara person. jangan sungkan untuk kritik. ini semua demi kemajuan GAS dan otomotif di maluku utara dan indonesia. bravo scooter...